Tips Mempekerjakan Tukang Bangunan

Tips Mempekerjakan Tukang Bangunan

Dalam membangun rumah, tentunya anda dihadapkan pada pilihan menggunakan tukang dengan upah harian ataupun borongan. Kedua sistem upah tersebut memang dikenal memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dimana hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh cara kerja tukang serta pemahaman anda mengenai cara kerja dan tahapan pembangunan sebuah rumah. Tentunya jika pemahaman anda mengenai pembangunan rumah terbilang tidak paham sama sekali, tentunya anda akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Selain itu ketika anda menggunakan upah borongan, biasanya akan dihadapkan dengan permasalahan hasil kerjanya yang tidak memuaskan. Begitu juga, ketika anda menggunakan tukang bangunan dengan sistem upah harian, dimana biasanya tukang tersebut pekerjaannya sangat lambat dan hanya menghitung jam. Nah bagaimana cara mengatasi hal tersebut dalam mempekerjakan tukang bangunan. Silahkan simak ulasan berikut untuk mendapatkan hasil rumah yang berkualitas dan sesuai dengan harapan anda.

Tips menggunakan jasa tukang bangunan

Dalam pembangunan rumah tentunya dibutuhkan kerja sama yang solid antara pemilik rumah, tukang bangunan dan juga pengawas. Dimana dalam membangun rumah memang membutuhkan manajemen proyek yang bisa mengatur keseluruhan proses dan tahap pembangunan agar berjalan sesuai rencana. Dalam mempekerjakan tukang bangunan, tentunya anda perlu memahami sistem kerja tukang bangunan dalam membuat rumah. Dimana tukang bangunan dalam membuat rumah biasanya melakukan 3 kategori pekerjaan.

Pertama, tukang bangunan bisa mengerjakan beberapa pekerjaan yang dilakukan secara bersamaan. Yang dimaksudkan disini adalah ketika tukang bangunan membuat pondasi batu, tentunya tukang bangunan lainnya bisa bertugas membuat tulangan pembesian dan kolom beton. Begitu dengan tukang lainnya bisa memulai menyiapkan kusen. Dengan demikian ketika dibutuhkan kusen pintu dan jendela, tentu saja barangnya sudah siap untuk digunakan. Contoh lainnya bisa dalam tahap pemasangan batu bata, tukang lainnya bisa menyiapkan pembuatan kerangka atap. Dengan demikian, pengerjaan akan lebih cepat dan menghemat waktu.

Tukang Bangunan Sistem Borongan

Kategori pekerjaan yang dilakukan tukang bangunan yang kedua adalah pekerjaan yang bisa dilakukan secara bergantian. Yang dimaksudkan disini adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara bergantian sambil menunggu hasil pekerjaan lainnya jadi atau selesai. Contohnya pekerjaan pemasangan batu bata dilakukan secara bergantian dengan pengecoran kolom beton. Begitu juga dengan pekerjaan pemasangan plafon dilakukan secara bergantian dengan pemasangan instalasi listrik. Selanjutnya kategori pekerjaan tukang bangunan yang ketiga adalah jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara berurutan. Contohnya adalah pemasangan sloof beton dilakukan setelah pemasangan pondasi batu, begitu juga dengan pengerjaan plesteran dilakukan setelah pemasangan bata.

Tips menggunakan jasa tukang bangunan salah satunya adalah memahami kategori pekerjaan tukang bangunan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Sedangkan tips selanjutnya adalah anda juga haru memilih tukang yang telah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi. Pasalnya hal tersebut sangat menentukan kualitas dan kerapian pengerjaan rumah anda. berikut ini terdapat beberapa ciri tukang bangunan berpengalaman yang bisa anda gunakan, diantaranya: ahli dalam bidang yang dikerjakan, memiliki keahlian membaca gambar lapangan, memiliki komitmen dalam menjaga kualitas dan kerapian pekerjaan, bisa bekerjasama dengan tukang lainnya, hemat dalam penggunaan bahan ataupun material, mampu mengatasi permasalahan di lapangan, dan rajin serta cepat dalam bekerja namun hasilnya tetap berkualitas.

Dalam mempekerjakan tukang bangunan tentunya anda tidak bisa percaya 100 %. Apalagi dalam pembuatan rumah, tentunya anda harus melakukan pengawasan dan peninjauan walaupun sudah terdapat mandor ataupun surpervisor lapangan. Hal ini tentunya berlaku bagi anda yang menggunakan tukang bangunan harian maupun tukang bangunan borongan. Pasalnya untuk mendapatkan sesuatu yang berkualitas tentunya anda harus meluangkan waktu untuk memantaunya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail