Rekening Giro : Panduan Singkat dan Keunggulannya

Panduan Singkat dan Keunggulan Giro

Saat melakukan transaksi perbankan melalui mesin ATM, Anda pasti pernah diminta untuk memilih jenis rekening yang hendak digunakan. Idealnya, ada dua jenis rekening yang ditampilkan pada layar mesin ATM, yaitu rekening tabungan dan rekening giro. Rekening tabungan merupakan rekening biasa yang Anda gunakan untuk menyimpan uang keperluan sehari-hari. Namun, apa yang dimaksud dengan rekening giro?

Rekening giro adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perseorangan atau badan usaha. Simpanan tersebut bisa dalam rupiah atau mata uang asing, yang penarikannya dapat dilakukan kapan saja selama jam kerja dengan menggunakan cek dan bilyet giro. Selain itu, setiap bulannya, nasabah rekening giro juga akan menerima laporan transaksi perbankan.

Alat Pembayaran Berupa Cek dan Bilyet Giro

Berbeda dari rekening tabungan yang disertai dengan penerbitan kartu ATM, pada rekening giro, idealnya bank akan memberikan layanan cek ata bilyet giro sebagai alat pembayaran. Cek merupakan alat pembayaran yang setara dengan uang tunai. Jadi, Anda bisa mencairkan dana sejumlah yang tertera di cek melalui bank. Sedangkan, bilyet giro adalah alat untuk pemindahbukuan. Artinya, jumlah dana yang tertera di bilyet giro hanya bisa dipindahbukukan ke rekening penerimanya. Baru setelah proses pemindahbukuan selesai, penerima bisa menarik dana dalam bentuk tunai.

Laporan Bulanan

Sebagai pemilik rekening tabungan, apa yang biasanya Anda lakukan jika ingin melihat transaksi keuangan? Anda harus mendatangi bank dan meminta pihak bank mencetak berbagai transaksi pada buku tabungan Anda. Namun, kini sudah ada fasilitas internet atau mobile banking yang memungkinkan Anda untuk mengakses data transaksi rekening tabungan secara lebih praktis. Intinya, Anda diharapkan untuk aktif melakukan pemeriksaaan sendiri.

Tidak begitu halnya dengan rekening giro. Setiap bulannya, nasabah rekening giro akan menerima laporan koran yang berisi laporan tentang dana masuk dan keluar dari rekening tersebut. Jika menjadi nasabah rekening giro, Anda tidak perlu lagi mendatangi bank setiap bulan untuk mencetak buku tabungan.

Keunggulan Rekening Giro

Keunggulan Rekening Giro

Sama seperti berbagai produk perbankan lain, rekening giro juga memiliki berbagai keunggulan. Produk rekening giro yang disediakan setiap bank tentu menawarkan keiistimewaan masing-masing, tetapi ada beberapa keunggulan rekening giro yang secara umum bisa Anda dapatkan:

  • Besarnya jumlah penarikan – Rekening giro memungkinkan Anda sebagai nasabah untuk melakukan penarikan setiap harinya dalam jumlah besar. Nasabah bebas melakukan berbagai transaksi keuangan dalam jumlah besar selama dana yang dimiliki tersedia.
  • Penggajian karyawan – Rekening giro memang ditujukan untuk nasabah perseorangan atau badan usaha, tetapi memang produk perbankan satu ini lebih banyak digunakan oleh pelaku bisnis, terutama untuk menggaji karyawan. Berkat rekening giro, perusahaan bisa memberi gaji kepada karyawan dalam bentuk cek.
  • Rutin mendapatkan laporan transaksi – Setiap bulannya, bank akan mengirimkan laporan koran berisi transaksi keuangan yang telah Anda lakukan selama bulan tersebut.
  • Memudahkan transaksi pembayaran – Nasabah bisa lebih mudah melakukan transaksi dengan menggunakan cek dan giro. Di DBS, misalnya, nasabah bisa memanfaatkan jaringan AM DBS di Indonesia dan Singapura, serta jaringan ATM bersama, ALTO, dan PLUS.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuka Rekening Giro

Sebelum membuka rekening giro, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terlebih dulu, yaitu:

  • Meski setiap bulannya bank mengirimkan rekening koran, Anda tetap dianjurkan untuk mencatat setiap pengeluaran, baik tanggal, nomor, dan jumlah uang. Hal ini akan membantu Anda untuk melakukan pengontrolan agar pengeluaran dapat disesuaikan dengan dana yang tersedia.
  • Berhati-hatilah dalam mengeluarkan cek. Pasalnya, setiap cek yang telah dibubuhi tanda tangan Anda dan ditempeli materai dapat segera dibayarkan oleh bank tanpa melakukan verifikasi kepada pemabwa cek.
  • Saat menerbitkan cek atau bilyet giro, pastikan dana Anda cukup karena jika tidak, nama Anda bisa dicantumkan dalam Daftar Hitam Nasional yang disebarkan Bank Indonesia ke industri perbankan Indonesia.
  • Cek atau bilyet giro memiliki masa berlaku maksimal 70 hari setelah tanggal penerbitan.

Bagi para pemilik bisnis, rekening giro adalah salah satu opsi transaksi keuangan yang tepat. Semoga penjelasan singkat dan berbagai keunggulan di atas mampu membantu Anda dalam melakukan pertimbangan untuk membuka rekening giro.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail