Pensiun Nyaman Dengan Jamsostek

Berapa Dana Pensiun yang Cukup

Jika ingin pensiun Anda nyaman, maka manfaatkan Jamsostek. Setiap perusahaan pasti kenal yang namanya Jamsostek. Jamsostek merupakan suatu badan penyelenggara jaminan sosial yang dijalankan menurut funded social security. Jaminan ini didanai oleh peserta dan terbatas pada pekerja formal. Bagi Anda yang sudah ikut dalam Jamsostek, pastinya ingin mengetahui saldonya. Jika memang begitu tidak usah repot-repot ke kantornya, tapi cek saldo jamsostek online saja.

Selain melalui sambungan internet, Anda pun bisa mengetahui saldo dari SMS. Langkah ini merupakan upaya pengembangan pihak Jamsostek untuk memudahkan masyarakat dan memberikan pelayanan yang maksimal. Walaupun cara cek saldo Jamsostek sangat mudah dilakukan, tapi nampaknya banyak orang yang belum mengetahuinya. Simak penjelasan di bawah ini kalau Anda ingin cara cepat mengetahui berapa saldo Jamsostek Anda!

Cara Cek Saldo Jamsostek Secara Online

  • Persiapkan dulu kartu Jamsostek Anda atau Nomor KPJ.
  • Kemudian, ambil ponsel pintar atau komputer yang terhubung dengan internet. Bukalah situs www.jamsostek.co.id, lalu pilih menu Tenaga Kerja. Maka, selanjutnya Anda diarahkan ke halaman https:es.bpjsketenagakerjaan.go,id/#tenagakerja.
  • Setelah itu, lanjut masukkan user ID dan Password kalau memang sudah mendaftar. Jika belum pernah mendaftar, Anda harus mendaftar dulu. Caranya, dengan mengklik Regristras di menu Tenaga Kerja (bagi statusnya tenaga kerja). Saat mendaftar pada situs itu, pilih jenis keanggotaan ‘Tenaga Kerja’ dan isi form dengan benar dan sesuai data diri Anda. Apabila sudah terisi semua, pilih setuju pada kalimat “ketentuan penggunaan layanan web Jamsostek”. Cek lagi dan klik Daftarkan atau Submit Data.
  • Mungkin Anda belum paham tentang Nomor KPJ dimana letaknya dan ini sangat penting saat pendaftaran di website Jamsostek. Nomor KPJ adalah nomer seri yang tercantum pada kartu keanggotaan Jamsostek Anda. Biasanya diawali dengan 100XXXX dan ada yang sampai 11 digit.
  • Setelah selesai mendaftar, email konfirmasi atau pesan SMS akan segera dikirimkan ke email atau hp Anda untuk aktivasi akun. Kalau sudah menerima, segera masukkan kode aktivasi yang dikirikan tadi di alaam yang tersedia. Kemudian, klik “Kirim”. Jika User Id dan Password Anda dapat dipakai untuk aktivitas cara cek saldo Jamsostek, maka cek email. Cek inboc dan aktifkan. Setelah itu, Anda langsung coba untuk melakukan pengecekan saldo secara online. Login sesuai usernam dan password yang Anda buat saat mendaftar tadi.
  • Saat sudah masuk pada menu anggota atau member jamsostek, pilih menu Liha Saldo JHT. Lalu, pilih KPJ Jamsostek Anda dan klik SUBMIT. Selanjutnya, saldo Jamsostek Anda akan muncul disana.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara cek saldo Jamsostek. Sekarang, Anda tidak sulit lagi datang ke kantor Jamsostek terdekat. Dimana saja kapan saja, Anda sudah bisa mengecek saldo asalkan tersambung dengan internet atau memiliki pulsa.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail