Membuat Kalender Puasa untuk Optimalkan Ibadah

Kalender Puasa 2017

Sebagai umat muslim bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu-tunggu. Sebab sesuai dengan janji Allah siapa yang melaksanan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan ini maka pahalanya akan dilipatgandakan. Maka tidak heran jika puasa di bulan ramadhan akan terasa lebih ringan mengingat hampir semua umat muslim melaksanakan ibadah puasa bersama-sama.

Euforia ramadhan sudah terasa sejak sebulan sebelum ia tiba. Karena untuk menyambut ramadhan ada puasa sunah yang dikerjakan yaitu puasa Sya’ban dimana sebagian orang mengatakan ia adalah puasa pembuka sebelum puasa inti yaitu ramadhan. Namun kadangkala banyak orang yang lupa karena tidak tahu tanggalan untuk melaksanakan puasa sya’ban karena puasa ini hanya dilakukan 3 hari yaitu pada tanggal 14,15, dan 16 sya’ban. Agar ibadah-ibadah tersebut tidak ketinggalan ada baiknya kamu membuat kalender puasa 2017 agar tidak terlupa dan kegiatan ibadah semakin optimal. Berikut ulasannya.

Kalender puasa 2017 dapat diisin dengan tanggalan penting sebelum, sedang dan sesudah ramadhan. Caranya kamu bisa membuat sendiri kalender pribadi selama tiga bulan sejak bulan sya’ban, ramadhan hingga syawal. Mengingat pada bulan syawal ada puasa sunah yang dikerjakan selama 6 hari. Usakan kalender tersebut berpatokan pada bulan hijriah dan samakan dengan bulan masehi agar tidak terjadi kesalahan.

Kalender Puasa 2017

Buatlah kalender puasa 2017 semenarik mungkin agar kamu lebih semangat dalam mengerjakan ibadah-ibadah penting di bulan itu. Beri halaman kertas untuk membuat catatan tentang keinginan apa yang akan kamu kerjakan. Selain merupakan niat yang baik juga agar kamu tidak lupa.

Dalam tiga bulan tersebut beri tanda tentang peringatan penting selama 3 bulan tersebut. Misalnya tanggal pelaksanaan puasa sya’ban. Prediksi malam lailatul qadar yang biasanya terjadi pada 10 ramadhan terakhir hingga kapan kamu akan melaksanakan puasa syawal. Hal ini mengingat puasa sunah di bulan syawal dapat dilakukan berturut-turut selama 6 hari penuh atau bisa juga di kelang harinya asal masih dalam bulan syawal.

Kalender puasa tersebut dapat juga kamu jadikan sebagai penyemangat dalam beribadah dan target ibadahmu pada bulan tersebut. Untuk tahun selanjutnya kamu masih bisa menggunakannya sebagai perbaikan ibadah dari tahun sebelumnya.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail