Kredit Mobil Baru Atau Bekas! Seperti Inilah Untung Ruginya

Kredit Mobil Baru Atau Bekas

Sebenarnya lebih untung mana mengambil kredit mobil bekas dengan baru? Saat ini memang mobil menjadi primadona untuk segera memilikinya. Tetapi harganya yang cukup tinggi membuat banyak orang hanya bisa bermimpi untuk memilikinya.

Tetapi membeli yang second bisa menjadi salah satu alternatif pilihan terbaik. Sedah pasti secara harga akan lebih murah. Apalagi banyak sekali yang masih memiliki kondisi sangat baik.

Meskipun harganya sedikit lebih murah, masih saja banyak yang merasa keberatan untuk membelinya. Untungnya saat ini ada namanya kredit mobil second, sehingga impian untuk memilikinya bisa dengan mudah terwujud. Meskipun bukan dalam kondisi masih baru.

Dengan adanya cara seperti ini, sudah pasti membelinya akan semakin mudah lagi. Sebab Anda tidak perlu membayarnya secara penuh terlebih dahulu, tetapi Anda bisa dengan cara mengangsurnya. Apalagi di Indonesia sendiri banyak sekali bank atau lembaga pembiayaan menawarkan program kredit seperti ini.

Dan jika diperhatikan untuk saat ini membeli dengan cara seperti ini lebih diminati dari pada membelinya secara tunai. Hal ini tidak lain dikarenakan faktor kemudahan serta layanan dan juga fasilitas yang ditawarkan oleh lembaga kreditur.

Disamping diuntungkan dengan banyaknya lembaga kreditur, promo-promo menarik juga diberikan oleh lembaga tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak yang lebih memilih membelinya dengan cara seperti ini.

Tetapi sanyangnya masih saja banyak orang merasa bingung saat memutuskan apakah akan mengambil kredit mobil baru atau second. Jika memang budget Anda cukup besar, memilih kredit mobil baru mungkin tidak akan menjadi masalah.

Namun bagaiman dengan Anda yang budget-nya pas-pasan? Maka pilihan paling bijak adalah memilih melakukan kredit mobil bekas. Namun sebelum memutuskannya, ada beberapa pertimbangan lain yang harus Anda lakukan. Seperti halnya keuntungan serta kerugian apa saja yang akan Anda dapatkan dari membeli mobil bekas.

Keuntungan Mengambil Kredit Mobil Second

Bagi Anda yang masih ragu untuk membeli mobil second, berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

  1. Mendapatkan Harga Lebih Murah

Sudah pasti dengan memilih mengambil yang second Anda bisa memperoleh harga serta angsuran lebih murah. Dikarenakan harganya sudah pasti turun dari waktu ke waktu akan membuat cicilannya juga lebih murah.

Itulah kenapa membeli yang second seperti ini bisa sangat menguntungkan. Apalagi jika membelinya dengan cara kredit seperti ini. Maka sudah pasti akan memperingan pembayaran angsuran setiap bulannya.

  1. Prosesnya Lebih Mudah dan Cepat

Keuntungan lain pada saat memilih kredit seeprti ini adalah prosesnya terbilang lebih cepat. Maksudanya pada saat proses pengajuan dan administransi umumnya memang berjalan lebih cepat serta lebih mudah jika dibandingkan dengan proses pengajuan kredit mobil baru.

  1. Bisa Segera Digunakan

Keuntungan lain dari kredit seperti ini adalah bisa langsung digunakan. Secara plat nomor kendaraan sudah langsung ada. Berbeda dengan baru, harus terlebih dahulu menunggu plat nomor kendaraan dari kepolisian baru bisa digunakan.

   Baca juga: Menghitung Suku Bunga dan Cicilan Bulanan Kredit Mobil

Kerugian Mengambil Kredit Mobil Bekas

Bagi yang sudah mantab memilih jalan kredit, disarankan untuk tetap memperhatikan beberapa hal berikut ini supaya keputusan yang sudah Anda ambil tidak menimbulkan penyesalah dikemudian hari.

  1. Bunga Cicilan Terbilang Cukup Besar

Perbedaan paling mencolok antara membeli mobil baru dengan mobil bekas secara kredit adalah pada besaran bunga cicilan. Untuk yang bekas bunga cicilannya akan lebih besar.

Misalnya jika bunga cicilan untuk yang baru adalah 3% per tahun, maka untuk yang second bunga cicilannya bisa mencapai 6% per tahunnya. Jadi sudah pasti Anda harus menyiapkan dana ekstra.

Bukan hanya itu saja, selain besaran bunga cicilan lebih besar, setoran dari kredit mobil second juga akan ditambah dengan premi asuransi. Sedangkan untuk besaran premi asuransinya salah satunya ditentukan oleh usia dari kendaraan itu sendiri.

Jadi semakin tua usia kendaraan, secara otomatis tingkat atau suku premi asuransi juga akan semakin besar. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal seperti ini saat hendak membeli yang bekas dengan cara kredit.

  1. Rendahnya Harga Jual Kembali

Pada saat Anda sudah melunasi seluruh angsurannya, secara otomatis secara harga dipasaran juga akan berbeda. Celakanya bukan harga tinggi yang didapat, namun justru sebaliknya harga rendah yang akan Anda dapatkan.

Sebab secara alamiah harganya pasti akan terus turun dari tahun ketahun, seperti halnya harga produk elektronik. Apalagi ditambah munculnya jenis mobil dengan model terbaru sudah pasti akan membuat harganya semain turun dari waktu ke waktu.

Bukannya kredit mobil baru juga akan mengalami hal sama? Memang benar, tetapi terkait dengan harga jualnya sudah pasti akan lebih tinggi dari pada harga jual dari yang bekas.

Beberapa Alternatif Saat Memilih Membeli Mobil Bekas dengan Cara Kredit

Supaya Anda tidak terlalu rugi pada saat memilih cara ini, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah:

  1. Gunakan untuk Usaha

Guna menghindari atau meminimalisir kerugian lebih besar lagi, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menjadikannya sebagai penghasil uang. Jadi dengan ini bukannya Anda rugi tetapi sebaliknya, keuntungan Anda akan berlipat-lipat.

Memangnya caranya bagaimana? Salah satunya adalah dengan cara menyewakannya (rental mobil). Misalnya saja jika dalam jangka waktu satu minggu ada 2 orang yang menyewanya dengan harga Rp. 500.000,- maka tinggal menghitungnya, dalam sebulan Anda bisa memperoleh pemasukan sebesar Rp. 4 juta.

Coba Anda pikir, dari uang hasil rental saja tentunya sudah sangat cukup untuk membayar cicilan di setiap bulannya. Jadi secara otomatis Anda pastinya akan mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat.

Dan tentunya masih banyak jenis usaha lain yang bisa Anda pilih dengan memanfaatkan kredit seperti ini. Tinggal pintar-pintarnya Anda saja dalam mencari peluang usaha.

  1. Pilihlah Mobil Bekas dengan Kondisi Mesin Bagus

Pada saat memilihnya, perhatikan sedetail mungkin terkait dengan kondisinya, terutama pada bagian mesin. Supaya terhindar dari kerugian, pilihlah yang memiliki kondisi masih prima dan juga bagus.

Mesin ini memang bagian krusial bagi sebuah kendaraan. Maka dari itu, untuk bagian yang satu ini Anda tidak bisa kompromi. Pastikan kondisi mesinnya masih bagus dan juga prima.

Meskipun bagian mesin ini sangat vital, namun bukan berarti Anda mengabaikan bagian lainnya. Bagian lain seperti cat, jok, dan kursi juga perlu untuk diperhatikan. Intinya, semakin detail serta kecteletian pada saat memilih mobil second dengan kondisi baik maka peluang bisa mendapatkan keuntungan dari kredit juga akan semakin besar.

Membeli mobil second dengan cara kredit seperti ini sebenarnya bisa saja sangat menguntungkan. Dengan catatan Anda harus jeli pada saat memilihnya. Apalagi dalam hal pembayaran, Anda sudah sangat terbantukan dengan fasilitas yang sudah diberikan oleh lembaga keuangan pemberi.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail