Inilah 4 Cara Rahasia Merawat Kucing Anggora Sesuai Gender

Cara Rahasia Merawat Kucing Anggora

Sebelum kita bahas 4 cara merawat kucing Anggora, flashback sebentar ke sejarah, yok! Rupanya, kucing Anggora itu salah satu ras tertua di dunia perkucingan, lho! Dia berasal dari kota Ankara, Turki sejak tahun 1930. Ras kucing Anggora yang asli berwarna putih dan bermata biru. Namun dalam perkembangannya, kucing Anggora mengalami perkawinan silang yang membuat variasi warnanya kian melimpah. Wah!

Banyak yang memelihara kucing Anggora mungkin karena ia cerdas, tingkat kepo yang tinggi, lucu, gampang beradaptasi, ramah, suka malas-malasan dan bermain, tipikal kucing rumahan, dan gampang akrab dengan anak-anak. Tak heran kalau ras ini banyak dicari. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara membedakan kucing Anggora jantan dengan betina? Simak ini, ya.

  1. Watak Kucing Anggora Betina
  • Tenang
  • Suka berdiam diri di rumah
  • Sedikit makan, tapi sering
  • Suka caper di depan majikan
  • Suka main dan tiduran
  1. Watak Kucing Anggora Jantan
  • Egois kalau ada pejantan lain
  • Aktif dan suka bermain-main
  • Banyak makan
  • Suka melompat
  • Suka menggigit

Setelah mengenal ciri atau watak kucing Anggora berdasarkan jenis kelaminnya, tentu akan memudahkan kita dalam perawatannya. Terutama lagi kalau Anda memiliki dua kucing Anggora beda jenis kelamin. Jangan disamakan, ya. Nanti respons yang Anda dapatkan juga berbeda. Bagaimana rahasia cara merawat kucing Anggora berdasarkan gender? Setidaknya ada 4 poin penting yang patut Anda perhatikan ini.

  1. Porsi Makanan

Kucing Anggora juga dikenal dengan kucing berbulu lebat dan panjang. Amat berbeda dengan kucing kebanyakan. Tentunya hal ini membutuhkan makanan khusus yang tak murah. Anda bisa konsultasikan pada dokter hewan mengenai makanan khusus untuk kucing berbulu panjang. Untuk memaksimalkan pemberian makanan, bedakan porsinya berdasarkan watak jenis kelamin si kucing. Jantan lebih banyak, yang betina lebih sedikit.

  1. Cara Mandi

Bagaimana memandikan kucing Anggora sebaiknya juga berpatokan pada sifat-sifat di atas. Untuk memandikan kucing Anggora Jantan, Anda lakukan pelan-pelan, tunggu sampai mood dia lagi bagus. Soalnya, dia cenderung bersikap aktif. Beda dengan kucing Anggora betina yang cenderung malah minta perhatian sama majikan.

  1. Beri Perhatian

Perhatian di sini adalah tentang cara Anda bermain dengan mereka. Kucing Anggora, baik jantan dan betina sangat suka bermain-main. Kalau Anda memiliki kucing Anggora jantan, sebaiknya Anda bukan orang yang jantungan. Soalnya, sewaktu-waktu kucing Anggora jantan akan melompat ke pundak Anda, misalnya. Beda dengan yang betina yang cenderung kalem.

  1. Rawat Keramahannya

Kucing Anggora sangat terkenal dengan keramahannya. Tapi bukan berarti mereka tidak bisa marah. Mereka bisa menciptakan ikatan batin yang kuat dengan majikan. Jadi, sebaiknya Anda menjaga juga perasaannya. Soalnya dalam kasus-kasus tertentu, kucing Anggora, baik jantan maupun betina bisa kabur dari rumah kalau mereka tak merasa aman dan nyaman.

Khusus untuk pecinta kucing yang merawat kucing Anggora jantan lebih dari satu, sebaiknya pisahkan keduanya dalam jarak yang aman. Kalau tidak, kemungkinan berkelahi dan berseteru akan lebih tinggi. Ribut. Nanti yang ada mereka main hakim sendiri. Terlebih lagi kalau di rumah Anda ada kucing betina.

Sebab, sifat egois kucing jantan dewasa hampir sama dengan kucing dewasa dari ras apa pun. Mereka punya kadar kebanggaan diri yang tak boleh diusik siapa pun. Mungkin ketika Anda hanya merawat satu kucing Anggora jantan, ia akan kelihatan humble, biasa-biasa saja, dan bermain-main seperti biasa. Tapi coba Anda masukkan pejantan lain, pasti hasilnya akan beda. Rumah Anda akan jauh lebih ramai daripada sebelumnya.

Seperti itulah rahasia 4 cara merawat kucing Anggora sesuai gender. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan kita semua tentang kucing langka yang satu ini. Sebagai tambahan, rupanya kucing Anggora punya nilai beli maupun nilai jual yang tinggi. Oleh karena itu, hanya sedikit dari kita yang mau memelihara mereka. Tapi bukan mustahil, kalau kucing Anggora diberdayakan dengan baik, populasinya di dunia akan meningkat.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail