4 Tips Mendapatkan Perumahan di Bogor yang Tepat dan Mudah

Bogor merupakan salah satu daerah penyangga yang penting bagi Ibukota Jakarta. Kawasan ini kerap menjadi lokasi hunian para pekerja sebagai alternatif dari hunian di Jakarta yang dianggap terlalu mahal. Harga hunian yang masih terjangkau, iklim yang sejuk serta banyaknya lokasi wisata membuat kota hujan ini menjadi pilihan banyak pengembang perumahan. Di samping Bogor, pengembang juga mulai melirik kota di sekitarnya seperti Sentul, sekitar stasiun kereta Bojong Gede dan Cibinong sebagai lokasi hunian yang potensial. Banyaknya pilihan perumahan di Bogor, tentu cukup membingungkan bagi Anda yang baru memutuskan tinggal di kota ini. Tapi, jangan khawatir, Anda bisa mendapatkan perumahan yang tepat di kawasan Bogor dengan mengikuti tips-tips berikut ini.

  1. Jangan mudah terpengaruh iklan

Iklan perumahan yang ditawarkan oleh pengembang biasanya dibuat semenarik mungkin. Bahkan kalau sebagian besar pengembang perumahan di Bogor membuat iklan berukuran besar berupa billboard yang diletakkan di pinggir jalan. Iklan-iklan ini biasanya berisi keunggulan perumahan yang mereka bangun. Mulai dari harga yang murah, DP yang ringan, akses dari jalan tol yang mudah, lokasi strategis dan tawaran menarik lainnya. Sebagai calon pembeli, sebaiknya jangan mudah percaya iklan-iklan seperti ini karena iklan tersebut sengaja dibuat untuk menarik perhatian masyarakat. Ada banyak hal yang lebih penting selain kemudahan akses menuju jalan tol. Anda harus menggali informasi mengenai pengembang dan perumahan yang Anda inginkan sebelum membeli.

  1. Gali informasi KPR sebanyak-banyaknya

Sebelum membeli rumah, amati secara langsung rumah yang Anda inginkan mulai dari desain luar hingga ke dalam. Di samping itu, gali informasi sebanyak-banyaknya mengenai surat-surat rumah tersebut, fasilitas perumahan, kontrak KPR dan hal penunjang lainnya. Hal ini penting mengingat tak semua kontrak kredit perumahan di Bogor dilakukan di kota ini. Beberapa pengembang perumahan berkantor pusat di Jakarta. Sehingga ketika Anda membeli rumah dari perusahaan seperti ini, Anda harus ke kantor pusat untuk mengurus kontrak KPR. Jadi akan lebih mudah jika memilih pengembang yang memiliki kantor cabang di sekitar perumahan. Seperti di kawasan Cileungsi misalnya, Anda bisa menemukan kantor perwakilan pengembang perumahan yang memudahkan masyarakat dalam mengurus pembelian rumah.

  1. Pertimbangkan ketersediaan fasilitas penunjang

Ketersediaan program KPR tentu memudahkan masyarakat ketika membeli rumah di perumahan di Bogor. Namun, di samping program KPR, ketersediaan fasilitas penunjang juga menjadi pertimbangan penting ketika membeli rumah di kawasan ini. Fasilitas penunjang seperti ketersediaan air bersih, akses jalan di sekitar perumahan, ketersediaan jaringan internet, tempat ibadah dan taman bermain merupakan beberapa faktor yang membuat penghuni rumah betah tinggal di perumahan. Jika Anda sudah berkeluarga, pertimbangkan pula untuk memilih lokasi perumahan yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, dokter, rumah sakit, mesin ATM, pasar atau supermarket. Perumahan dengan fasilitas seperti ini umumnya dipatok dengan harga sedikit lebih mahal, namun ideal bagi keluarga terutama sebagai investasi jangka panjang.

  1. Atur dana kredit demi memenuhi kebutuhan lainnya

Terakhir, kalau sudah mendapatkan rumah yang Anda inginkan dan sesuai dengan kebutuhan keluarga, kini saatnya untuk mengajukan KPR kepada pihak bank. Apabila proses pengajuan kredit disetujui, maka pihak bank akan memberikan sejumlah uang untuk pembayaran rumah tersebut. Anda harus bisa mengatur dana kredit tersebut sebaik-baiknya agar bisa memenuhi kebutuhan rumah lainnya. Meski perumahan di Bogor dibangun dalam kualitas yang baik, tak menutup kemungkinan seiring berjalannya waktu bisa terjadi kerusakan. Oleh sebab itu, hindari menghabiskan uang tersebut hanya untuk membeli rumah. Namun, atur uang tersebut ke dalam pos-pos kebutuhan rumah lainnya seperti perbaikan, pembelian furnitur dan renovasi rumah di masa yang akan datang.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail